Categories
Cara Membuat Kulit Wajah Lembab dan Glowing

8 Rutinitas Sederhana untuk Menjaga Kulitmu Tetap Glowing

8 Rutinitas menjaga kulitmu tetap glowing

Kamu pasti bingung kenapa banyak banget ya orang yang mempunyai wajah yang tetap glowing walaupun mereka sibuk. Ternyata selain menggunakan skincare yang bagus, ada hal sederhana yang dapat kamu lakukan menjaga kulitmu tetap glowing. Apa saja itu? Yuk simak 8 rutinitas sederhana di bawah ini. 

Hindari kontak langsung dengan matahari

Memang betul, sinar matahari bagus untuk tubuh. Tapi ada waktu tertentu dimana paparan sinar matahari akan merusak kulit kita. Selain itu tidak bagus untuk kulit apabila terpapar berjam-jam di bawah sinar matahari. Efek yang dihasilkan; kulit terbakar, resiko terkena penyakit kulit meningkat, dan membuat kulit terasa kasar. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan tabir surya atau lotion yang memiliki SPF tinggi dan gunakanlah topi pada saat harus beraktivitas diluar pada waktu yang lama. 

Aplikasikan skincare dari yang bertekstur ringan ke berat

Skincare yang bertekstur lebih ringan biasanya lebih mudah diserap oleh kulit ketimbang yang berat. Oleh karena itu hal ini sangatlah penting untuk dipikirkan ketika menggunakan skincare. Contohnya, di pagi hari gunakanlah serum terlebih dahulu sebelum menggunakanan pelembab dan setelah itu kamu dapat menggunakan makeup. 

Gunakan exfoliator sesuai dengan kebutuhan kulit kamu

Untuk yang satu ini kamu kamu harus menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Terdapat dua jenis exfoliator yakni AHA dan BHA. AHA lebih cocok dipakai untuk kulit yang kering karena dapat membantu melembabkan kulit. Sedangkan BHA lebih cocok dipakai untuk kulit yang berminyak karena membantu membersihkan muka hingga ke pori-pori. Jadi pakailah sesuai dengan jenis kulit kamu ya. 

Selalu hapus makeup sebelum tidur

Ini sangat wajib kamu lakukan. Karena apabila kamu tidak melakukan hal ini kamu akan dengan sangat gampang jerawatan. Debu dan polusi dari luar akan menempel di makeup kamu dan selain kamu jadi gampang jerawatan, bibir kamu akan kering, penipisan bulu mata hingga komedo yang bandel. Jadi kamu harus rajin membersihkan makeup sebelum tidur. 

Investasi pelembab dengan kualitas bagus

Jika kamu mempunyai uang lebih, kamu lebih baik investasi di pelembab dengan kualitas yang bagus. Karena pelembab membantu melindungi muka kamu dari bahaya radikal bebas dan polusi.

Makanlah untuk kulitmu juga

Jangan selalu mengikuti keinginan kamu, karena kamu butuh makanan yang sehat juga seperti buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Sebelum memilih makanan kamu harus bertanya ke diri kamu sendiri. Apakah makanan ini bagus untuk kulit ku? Contoh makanan yang bisa kamu perbanyak:

  • Ikan salmon dan ikan tuna (atau ikan dengan omega 3)
  • Kacang-kacangan
  • Air putih 
  • Buah 

Seperti pepatah mengatakan “you are what you eat”, kamu harus bisa menjaga pola hidup yang sehat agar kesehatanmu terjaga dan kulitmu tetap glowing. 

Tidur 7-8 jam sehari

Ini salah satu yang penting untuk dijaga tapi susah untuk dilakukan. Apalagi buat kamu yang sudah terbiasa begadang. Apabila kamu kurang tidur, maka kulit akan terlihat kusam dan mudah berkeriput. Jadi kurangi kebiasaan begadang dan tidurlah yang cukup agar kulit kamu juga terjaga kesehatannya. 

Leher sama pentingnya dengan muka

Hal yang satu ini sering sekali dilupakan banyak orang karena terlalu fokus ke penampilan wajah. Dan jangan lupa lakukan skincare routine setelah bangun tidur dan sebelum tidur ya. 

Itu dia hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulitmu tetap glowing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *