Categories
Cara Membuat Kulit Wajah Lembab dan Glowing

Penyebab Kulit Kering yang Perlu Kamu Ketahui

Penyebab Kulit Kering

Kondisi kulit kering dapat digambarkan sebagai kondisi dimana bagian tubuh yang kekurangan cairan pada lapisan luar pada kulit. Area seperti tangan, lengan, dan kaki biasanya yang paling rentan dengan masalah ini. Sebelum mencari tahu penyebab kulit kering, kita harus mengatahui gejala kulit kering itu apa saja.

Beberapa gejala yang sering dialami bagi yang memiliki kulit kering adalah seperti:

  • Permukaan kulit terasa kasar.
  • Kulit terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi dan saat berenang.
  • Kemerahan dan rasa gatal.
  • Retakan atau garis-garis halus pada kulit.
  • Kulit memiliki sisik dan mengelupas.

Apabila kamu memiliki gejala seperti diatas, kamu kemungkinan besar memiliki kulit yang kering. Lalu apa saja penyebabnya? 

Iritasi 

Iritasi dapat terjadi karena beragam hal, dimulai dari sabu atau parfum yang kita gunakan, kain atau bahan pakaian yang kita pakai sampai bahan yang digunakan untuk mencuci baju. 

Menggosok kulit

Kegiatan ini biasa dilakukan untuk menghilangkan kulit mati. Tetapi apabila dilakukan terlalu sering, hal ini berpotensi untuk membuat kulit kering. Terlebih lagi apabila menggosok dengan spons. Gesekan antara spons dapat merusak lapisan kelembaban kulit sehingga berpotensi menyebabkan kekeringan pada kulit. 

Bertambahnya usia

Apabila kita semakin tua, otomatis kulit kita akan semakin tipis dan semakin kering. Hal ini disebabkan semakin tua diri kita, semakin kurangnya produksi hormon dan ini juga meliputi hormon yang bersangkut paut dengan kesehatan kulit.

Menggosok badan dengan handuk setelah mandi

Ketika kita mandi, air akan membantu kelembaban kulit di permukaan kulit. Tetapi apabila kita menggosok nya sampai kering menggunakan handuk, proses pelembaban tersebut akan terganggu. Oleh karena itu usahakan menggunakan handuk sampai titik dimana air masih ada sedikit di permukaan kulit setelah mandi. 

Pemakaian sabun yang salah

Menggunakan sabun yang tidak diperuntungkan untuk mandi sangat lah tidak dianjurkan. Hal tersebut dapat menyebabkan terkikisnya pelembab alami yang terdapat di kulit dan kulit akan menjadi kering. 

Perubahan Cuaca

Cuaca adalah salah satu faktor eksternal yang dapat membuat kulit menjadi kering. Salah satu alasannya adalah, semakin rendah kelembaban suatu tempat maka akan semakin kering kulit kamu. Hal ini biasa terjadi di tempat yang relatif dingin. 

Mandi uap

Mandi uap adalah suatu kesenangan bagi beberapa orang, namun apabila terlalu sering dilakukan maka dapat mengakibatkan kulit kering. Karena uap panas yang didapatkan pada saat mandi uap dapat menghilangkan minyak alami kulit dan mengakibatkan kulit terasa kering. 

Itu dia beberapa hal penyebab kulit kering. Kamu bisa untuk mencoba menghindari hal-hal diatas, dan apabila tidak bisa kamu perlu menemukan cara agar kulit kamu tetap lembab. Semoga info ini bermanfaat bagi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *