Categories
Perkembangan Teknologi iPhone

Perkembangan Teknologi Smartphone Terbaru 2020

Seiring berjalannya waktu, semakin canggih juga perkembangan teknologi smartphone. Karena hal ini, banyak produsen smartphone besar yang selalu mengeluarkan varian baru dengan teknologi yang baru. Selain itu, harga smartphone juga menjadi lebih terjangkau dengan hadirnya varian-varian yang mencakup semua level market dari low, middle hingga high end. Untuk di tahun 2020, perkembangan teknologi smartphone juga semakin memanjakan konsumen. Ingin tahu apa saja? Simak informasi dibawah ini. 

Ponsel lipat

Hadirnya ponsel lipat menjadi suatu hal yang sangat ditunggu tunggu oleh banyak orang. Karena teknologi ini menandakan kalau bentuk smartphone juga akan ikut berubah. Teknologi ini mengandalkan kaca yang tipis sehingga dapat dilipat tetapi juga harus kuat untuk pemakaian sehari-hari. Tren ini muncul ketika Samsung mengeluarkan Galaxy Fold dan diikuti oleh perusahaan penyedia smartphone lainnya seperti Huawei. Dikarenakan ini adalah sebuah teknologi baru, harga smartphone dengan layar dapat dilipat masih sangat tinggi. Samsung merilis Galaxy Fold dengan harga Rp. 30 juta. Namun ada kabar bahwa Samsung akan merilis smartphone dengan kemampuan tersebut dengan harga yang lebih murah yakni, Rp. 11 Juta atau 850 dollar AS. 

Ponsel 5G

Teknologi 5G merupakan perkembangan teknologi smartphone yang paling ditunggu. Fitur ini memang tidak semahal ponsel lipat, tetapi di Indonesia belum banyak smartphone yang mempunyai kemampuan 5G. Hal ini dikarenakan penyedia jasa operator seluler di Indonesia belum menyediakan teknologi 5G. Tetapi di luar Indonesia teknologi ini sedang berkembang dan tentu saja kedepannya nanti tentu saja akan hadir di Indonesia. Untuk harga smartphone berteknologi 5G, harga termurah yang di hadirkan oleh TCL Pro dengan harga 500 dollar AS atau sekitar Rp. 6,8 juta. 

Desain kamera

Salah satu perkembangan teknologi smartphone yang paling pesat adalah kamera. Dan sudah tidak bisa dipungkiri lagi apabila kamu pengguna smartphone salah satu fungsi yang menjadi bahan pertimbangan untuk membeli smartphone adalah kamera. Tidak hanya dalam spesifikasi, tetapi penempatan kamera pada sebuah ponsel ternyata juga berpengaruh bagi para calon pembeli. Salah satu hal yang paling ditunggu adalah kamera under display. Ya betul, kamera depan yang berada di bawah layar akan menjadi kenyataan dalam waktu yang tidak lama lagi. Ini tentu saja akan mempercantik tampilan smartphone yang selalu dibatasi oleh penempatan kamera depan yang biasa disebut notch atau lubang untuk tempat kamera.   

Standar pengisian cepat yang baru

Permintaan yang tinggi akan kecepatan pengisian suatu ponsel sudah menjadi suatu hal yang harus dapat dipenuhi oleh produsen ponsel. Standar di tahun 2019 adalah 18W tetapi sepertinya tahun depan standar ini akan semakin tinggi dimana smartphone akan dapat mengisi batre nya menggunakan 30W-50W. Ponsel pintar kamu akan semakin cepat terisi dan kamu tidak usah menunggu lama untuk memakai nya lagi. 

Refresh rate yang tinggi

Semakin banyak orang yang bermain game menggunakan smartphone. Hal ini memicu banyak produsen hp untuk meningkatkan refresh rate mereka. Ini telah menjadi standar baru dimana sekarang hp kelas menengah pun telah menyediakan refresh rate yang tinggi yakni 90hz. Oleh karena itu ini kan menjadi salah satu faktor penentu bagi para calon pembeli dalam hal memilih smartphone sehari-hari mereka. 

Itu dia perkembangan teknologi smartphone terbaru 2020. Semoga informasi ini berguna bagi kalian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *