Categories
Perkembangan Teknologi iPhone

Pro dan Kontra sistem operasi Android vs iOS

Kali ini aku mau bahas Hal mendasar nih beres for Android atau iPhone dan kita akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan kedua smartphone tersebut termasuk sistem operasi masing-masing merk. 

Jumlah pengguna

Salah satu kelebihan dan kelemahan memakai Android atau iPhone adah kedua sistem tersebut mempunyai sistem operasi yang berbeda. Hal ini membuat Android dapat ditemukan di hampir setiap smartphone kecuali pada perangkat buatan Apple. Walaupun bisa dikatakan kalau Apple (iOS) kalah jauh dari jumlah pengguna namun dia tetap menjadi pesaing utama dari Android. Ini karena kebanyakan orang hanya menggunakan kedua operating system tersebut. 

Ekosistem

Ekosistem dari Android saat ini sudah sangat luas dan terintegrasi langsung dengan produk lain dari Google. Ini sangat menguntungkan karena hampir semua orang memiliki Gmail sehingga untuk menggunakan Android Kamu tinggal menghubungkannya dengan akun Gmail yang kamu miliki. Sebenarnya perangkat milik  Apple memiliki fitur yang hampir sama dengan Android. Fitur itu bernama iCloud yang bisa digunakan untuk layanan lainnya. Dengan satu akun tersebut kamu bisa terhubung ke perangkat Apple lain milik kamu maupun penggunaan layanan seperti itu. Terdapat satu fitur yang dimiliki Android yang tidak dimiliki oleh Apple yakni kemudahan untuk melakukan sync up di aplikasi pihak ketiga. Di Android kamu bisa tinggal memilih Mas sudah Google Plus senter otomatis langsung masuk atau membuat akun jika belum punya.

Fitur Ekstra

Fitur ekstra yang dimiliki oleh Android adalah, layanan Google dapat dibilang telah tersebar luas di berbagai tempat dan ini termasuk di Indonesia. Salah satu contoh, kamu dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Google Play pada Play Store. Satu hal yang menjadi alasan kenapa banyak sekali pengguna yang memilih Android dikarenakan sifatnya yang terbuka atau fleksibel kamu dapat merubah banyak sekali hal dalam Android mulai dari tampilan hingga fungsi lainnya. 

Kelebihan Apple terletak pada bagian lain sistem operasi Apple yang terkenal akan tingkat optimalisasi tinggi baik dibandingkan sistem operasi lainnya. Akibatnya aplikasi maupun

perangkat dapat berjalan lebih efisien, terhindar dari berbagai masalah dan bisa diandalkan. Ini merupakan salah satu alasan mengapa beberapa pengguna lebih memilih produk Apple dikarenakan app tersebut hanya ada di perangkat tersebut saja yang langsung ditangani oleh Apple sendiri. Sistem operasi dengan mudah dikembangkan secara efisien dan maksimal untuk bekerja sesuai harapan pada perangkat tersebut berbeda dengan Android yang merupakan sistem operasi

keroyokan yang bisa digunakan siapa saja Bahkan vendor juga memodifikasinya untuk membuat ekosistem mereka sendiri.  

Itu dia kelebihan dan kekurangan untuk Android dan iOS. Kira-kira kamu lebih memilih memakai yang mana? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *