Categories
Perkembangan Teknologi iPhone

Tips Memilih Smartphone Agar Tidak Kecewa

Untuk mempunyai sebuah smartphone, tentu kamu cenderung  tidak akan mengeluarkan biaya yang sedikit. Apalagi, kamu juga akan memakai hp tersebut di aktivitas kamu sehari-hari dan kamu pasti tidak ingin sebuah produk yang tidak dapat menunjang semua aktivitas kamu itu. Banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum memilih sebuah produk. Tetapi apa saja hal-hal penting yang harus kamu ketahui? Agar kamu tidak salah pilih, berikut tips memilih smartphone agar kamu tidak kecewa. 

Status Garansi

Tips memilih smartphone kedua adalah mengetahui status garansi suatu produk sangatlah penting. Kamu harus tahu kira-kira garansi itu untuk berapa lama dan apa saja yang dimasukan kedalam garansi tersebut. Jadi ketika ada masalah yang timbul dari hp yang kamu beli dan itu bukan merupakan salah kamu. Garansi ini berfungsi untuk melindungi kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Perhatikan juga layanan purna jual dari masing masing merk hp. Apakah mereka akan membantu kamu jika kamu bertemu masalah. Selain itu, mempunyai garansi akan membantu kamu ketika kamu ingin menjual hp kamu lagi karena akan dianggap resmi oleh calon pembeli. 

Desain

Tips memilih smartphone kedua adalah, setiap orang pasti mempunyai seleranya masing-masing. Setiap merk hp mempunyai desain yang berbeda. Kamu belum tentu cocok dengan merk tertentu. Sesuaikan desain dengan selera kamu dan kebutuhan kamu. Jika kamu memang menyukai hp yang berukuran besar maka pilihlah hp dengan ukuran layar yang besar. Apabila kamu kurang yakin dengan yang kamu suka, kamu dapat melihat dulu di internet kira-kira hp mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu. Lalu kamu dapat datang ke toko tempat hp tersebut dijual dan melihatnya secara langsung sekaligus mencoba menggunakannya di tempat agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi kira-kira kamu menyukai nya atau tidak. 

Memori Utama (RAM)

Dengan semakin majunya teknologi, aplikasi yang modern akan semakin menggunakan lebih banyak memori. Oleh karena itu kamu dianjurkan untuk memilih smartphone dengan memori yang cukup besar. Ini adalah salah satu tips memilih smartphone. Hal ini akan membuat kamu dapat menggunakan hp kamu untuk jangka waktu yang lebih lama.  

Kamera

Kamera merupakan suatu pertimbangan yang sangat berpengaruh bagi banyak orang. Tidak bisa dipungkiri dengan semakin banyak pengguna sosial media, kebutuhkan kamera juga semakin meningkat. Jika kamu memang menyukai untuk mengambil gambar, maka disarankan untuk memilih hp yang mempunyai kamera yang bagus. Untuk saat ini sudah banyak merk hp yang menyediakan fitur ultrawide atau telephoto. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu, jika memang kamu jarang mengambil foto maka kamera bukan menjadi suatu hal yang utama untuk kamu. 

Prosesor

Prosesor berguna agar aplikasi yang kamu gunakan dapat berjalan dengan lancar. Biasanya prosesor disebut dengan nama System-on-Chip (SoC) atau chipset. Jika kamu sering bermain game menggunakan hp maka prosesor adalah suatu hal yang penting untuk kamu. Pastikan prosesor ponsel kamu sebanding dengan model lain dikelasnya dan apakah prosesor tersebut up-to-date? 

Media Penyimpanan

Untuk tips memilih smartphone yang satu ini, apabila kamu banyak menyimpan foto atau video di dalam ponsel kamu maka kamu harus memperhatikan hal ini. Tidak hanya itu, tetapi aplikasi juga akan menggunakan media penyimpanan. Oleh karena itu semakin besar media penyimpanan makan semakin banyak foto, video dan aplikasi yang dapat kamu simpan. Ada beberapa ponsel yang menyediakan fitur ekspansi storage dengan menggunakan kartu microSD. Jadi kamu harus tahu apakah ponsel pilihan kamu menyediakan fitur tersebut. 

Baterai 

Apabila kamu banyak melakukan aktivitas diluar dan jarang bertemu dengan colokan listrik, maka kamu lebih baik memilih ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan jika ponsel tersebut memiliki fitur fast charging. Ini agar kamu tidak perlu terlalu lama menghabiskan waktu untuk melakukan pengisian ulang baterai ponsel kamu. 

Fitur ekstra

Tidak semua ponsel menyediakan fitur yang sama. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui jenis fitur apa saja yang ponsel kamu sediakan. Fitur-fitur ekstra seperti:

  • NFC
  • USB Type C
  • Wireless Charging
  • Anti Air
  • Jack Audio 3,5 mm

Sesuaikan dengan kebutuhan, jadi kamu tidak sia-sia membeli ponsel dengan fitur ekstra. 

Itu dia hal-hal atau tips memilih smartphone agar kamu tidak kecewa. Semoga kamu dapat menggunakan info diatas untuk pertimbangan pembelian hp kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *