Categories
Platform Media Sosial Untuk Desainer

10 Etika Menggunakan Sosial Media yang Perlu Kamu Ketahui

Tahukah Anda pada tahun 2016 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 132 juta jiwa dan sebagian besar penggunanya adalah generasi muda yang biasa mengakses informasi hiburan dan untuk berkomunikasi. Namun banyak sekali pelanggaran etika yang sering terjadi sehingga terjadi konflik sosial di masyarakat. Tidak jarang juga, banyak terjadi kasus dimana terjadi saling lapor melapor menggunakan UU ITE yang berlaku di Indonesia.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan sosial media sesuai dengan etika yang ada. Agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan kamu dan orang terdekat kamu. Mari simak apa saja etika menggunakan sosial media yang benar.

10 Etika menggunakan sosial media

  • Pertama jangan mengumbar informasi yang bersifat pribadi. Contohnya permasalahan keluarga, foto pribadi, nomor rekening, alamat rumah, nomor telepon dan lain lain. Kecuali jika untuk kepentingan bisnis.
  • Kedua hindarilah kata-kata kotor, tuduhan dusta, opini negatif, debat, dan hasutan. Gunakanlah komunikasi yang santun dan sesuai kaidah bahasa yang benar
  • Ketiga jangan menyebarkan konten pornografi dan yang menyinggung suku agama ras dan antargolongan. 
  • Keempat biasakan cek dan klarifikasi kebenaran informasi sebelum menyebarkannya.
  • Kelima cantumkanlah sumber atau nama pemilik hak cipta untuk menjaga nilai orisinalitasnya 
  • Keenam Kamila isi topik atau berita secara menyeluruh 
  • Ketujuh ketika beropini dan berpendapat haruslah berpijak pada fakta dan data yang benar. 
  • Kedelapan jangan bersosial media ketika pikiran jenuh atau sedang mengalami situasi yang tidak optimal seperti marah sedih dan sakit.
  • Kesembilan, jangan menggunakan nama atau akun samaran. Ini karena akan memberukan cara dan dapat menjadi awal penipuan dan melanggar undang-undang yang berlaku di negara kita.  
  • Kesepuluh, pandailah mengatur waktu dalam bersosial media. Gunakanlah sosial media untuk hal-hal positif dan pilihlah konten yang menunjang produktivitas. Selain itu, jadikan sosial media sebagai sarana berbagi kebaikan kebahagiaan optimisme saling menolong dan saling menghargai.

Itu dia 10 etika menggunakan sosial media yang perlu kamu jaga pada saat menggunakan sosial media. Sebaiknya kamu mengikuti aturan etika ini sehingga kamu terhindar dari masalah yang dapat merugikan kamu. Semoga informasi ini berguna untuk kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *