Categories
Platform Media Sosial Untuk Desainer

Dampak Positif dan Negatif Sosial Media

Sosial media sudah menjadi bagian hidup kita yang susah untuk dipisahkan lagi. Sudah menjadi sebuah normal baru apabila setiap orang memiliki akun sosial nya sendiri. Yang menjadi perbedaannya mungkin hanya platform yang digunakan saja. Tetapi kamu sebagai pengguna platform media tersebut, apakah mengetahui apa itu sosial media beserta tipe-tipe nya?

Artikel ini akan membahas apa itu sosial media dan apa saja jenis beserta platform yang dapat kita gunakan. 

Sosial media adalah sebuah media yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu dan hal ini sendiri dapat dibagi menjadi 3 yaitu: 

Social Network 

Social Network adalah sebuah platoform untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Disini kamu dapat berinteraksi dengan banyak orang dari bermacam kota dan negara.

Network Discussion 

Network discussion adalah tempatl untuk melakukan obrolan dan diskusi. Contohnya seperti Google Talk, dan Yahoo Messenger dan lain-lain. Tempat ini lebih mengarah ke diskusi antara sesama pengguna. Dengan begitu akan mudah untuk saling bertukar pikiran satu dengan lainnya.

Share Network

Share network adalah media sosial untuk saling berbagi file, video musik dan lain-lain. Contohnya seperti YouTube. Disini kamu bisa mengeluarkan kreativitas kamu dan dapat dilihat oleh orang banyak. Apalagi YouTube adalah salah satu tempat digital dengan pengguna terbanyak saat ini. Apabila konten kamu adalah sesuatu yang dicari oleh orang banyak maka kamu akan dapat menghasilkan uang dari sini. 

Dampak positif dan negatif sosial media 

Media sosial memberikan dampak positif bagi kita semua apabila digunakan dengan bertanggung jawab dan mengikuti etika yang ada. 

  • Dampak positif yang pertama adalah kamu dapat terhubung ke seluruh dunia hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki. Ini sangat berguna untuk saling berkomunikasi dengan orang lain tanpa memandang waktu dan tempat. 
  • Terjalinnya komunitas akan sangat mudah. 
  • Informasi yang kamu dapatkan terjadi dalam waktu yang sesungguhnya atau Real Time. 
  • Peluang bisnis yang tidak ada sebelumnya mulai bermunculan. Setiap orang dapat melakukannya tanpa suatu batasan. 

Selain memberikan dampak positif, tempat saling berbagi ini juga memberikan dampak negatif yang diantaranya adalah:

  • Kamu menjadi lupa waktu ketika terlalu sering menggunakan aplikasi platform media. 
  • Bullying sejak dulu sudah menjadi sesuatu yang tidak bagus. Dengan munculnya internet dan adanya platform diatas, hal ini berpindah menjadi cyber bullying.
  • Semakin banyak penipuan online yang terjadi. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya. 

Itu dia dampak positif dan negatif dari sosial media, jadi manfaatkanlah platform yang kalian miliki dengan bijak dan ikutilah aturan yang ada. Semoga informasi ini berguna untuk kalian ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *