Categories
Platform Media Sosial Untuk Desainer

Penyebab Kecanduan Sosial Media dan Cara Mencegahnya

Media sosial banyak mempengaruhi kehidupan manusia mulai dari zaman menulis testimoni friendster sampai zaman berburu like di Facebook dan Instagram. Semakin banyak orang menggunakan sosial media untuk berbagai macam kepentingan dan keuntungan. Contohnya mencari berita, mempublikasikan portofolio, gosip, politik dan masih banyak lagi. 

Di balik segudang manfaat yang ada di sosial media, kita semua sadar kalau media sosial juga mempunyai dampak yang buruk. Apa saja kah itu? 

Kecanduan sosial media

Semakin penting peran media sosial di kehidupan sehari-hari semakin bergantung kita pada kehadiran mereka. Ini dia penyebab fenomena kecanduan sosial media. Kabar buruknya fenomena ini dekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Kecanduan media sosial biasa dikenal dengan istilah FOMO atau fear of missing out atau bahasa sederhananya takut ketinggalan update. 

Network effect

Jika teman-teman kamu online dari pagi sampai malam 7 hari seminggu kamu bakal merasa asing dan tertinggal kalau tidak menggunakan media sosial. Hal ini dikenal dengan sebutan network effect. 

Network effect atau efek jaringan adalah konsep yang menyebabkan semakin banyak orang yang terhubung dalam sebuah jaringan semakin erat jaringan tersebut. Contoh sederhananya kamu jalan-jalan di mall dan melihat sebuah restoran baru yang sedang trending. Kemungkinan besar kamu akan penasaran untuk makan di restoran itu. Contoh lainnya, ketika 

teman-teman kamu main permainan ponsel yang sedang trending yakni Among Us, kamu mungkin berpikir untuk ikut mencoba memainkan game tersebut. Jadi jaringan sosial media ini bukan berarti kamu melakukan hal di atas karena seru atau kekinian. Tetapi bisa jadi karena kamu merasa tidak punya pilihan lain selain tetap menggunakan media sosial agar tetap terasa terhubung dengan teman-teman kamu. 

Kedua hal diatas saling menopang satu sama lain sehingga akan mengikat kamu untuk tetap menggunakan sosial media. Seorang penulis best seller menyebutkan adanya persamaan antara candu sosial media dengan candu-candu lainnya. Jadi kalau tidak mendapatkan penanganan yang tepat sosial media bisa sama berbahayanya dengan alkohol rokok dan judi. 

Cara mencegah kecanduan terhadap sosial media

Tapi tenang ada cara agar meminimalisirkan kecanduan terhadap sosial media. 

  • pertama kamu harus mematikan notifikasi media sosial di ponsel kamu. Kenapa ini penting karena notifikasi itu berfungsi sebagai pengingat buat teman-temanmu sedang beraktivitas di media sosial. Tanpa notifikasi ini kamu bisa lebih fokus mengerjakan sesuatu yang lebih penting. 
  • kamu juga bisa membatasi penggunaan media sosial misalnya kamu janji sama diri sendiri buat menggunakan media sosial cuma selama 1 jam sehari bayangin deh. Berapa banyak waktu yang bisa kamu dapat dari membatasi penggunaan waktu yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.
  • Terakhir kamu bisa mengajak teman-teman dan keluarga untuk sesekali kumpul bareng di dunia nyata. dijamin berinteraksi langsung dengan mereka akan terasa lebih 

Itu dia informasi seputar sosial media dan efek yang ditimbulkannya kepada para penggunanya. Semoga informasi ini berguna untuk kamu ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *