Categories
Platform Media Sosial Untuk Desainer

Strategi Promosi Sosial Media yang Tepat

Sudah banyak bisnis yang menggunakan sosial media marketing untuk promosi produk dan layanannya. Tapi kamu penasaran tidak? Apa iya promosi lewat sosmed benar-benar bisa menghasilkan uang? Kalau iya, bagaimana sih strategi promosi sosial media bisa lebih efektif dan menghasilkan.

Sosial Media Marketing (SMM)

Social media marketing atau SMM adalah salah satu cabang dari Digital Marketing. Teknik promosi ini memang lebih fokus ke penggunaan sosial media dan promosi. Ini karena ada 84% pengguna internet di dunia yang pasti punya akun sosial media.


Sekitar 52% brand ditemukan pelanggannya lewat sosial media Jadi wajar kan kalau banyak banget bisnis yang coba promosi lewat sosmed. Agar strategi promosi sosial media yang kamu lakukan lebih tepat sasaran kamu harus membaca artikel ini sampai habis ya. 

Strategi Promosi Sosial Media

  1. Pertama pilih platform media sosial kamu nggak wajib pakai semua kanal sosmed untuk promosi. Pilih kanal yang sering dipakai oleh calon konsumen kamu. 
  2. Yang kedua buat tujuan yang jelas. Kamu butuh tujuan yang jelas agar strategi marketing kamu bisa berjalan dengan efektif. Contoh dari tujuan adalah: 
    1. Meningkatkan brand awareness.
    2. Mempererat hubungan dengan konsumen. 
    3. Meningkatkan brand advokat riset dan pengembangan. 
  3. Gunakan metrik yang sesuai untuk mengukur tiap tujuan yang kamu inginkan.
  4. Lakukan riset tentang kompetitor kamu sebelum membuat konten. Ini penting dilakukan untuk mencari tahu kompetitor kamu melakukan promosi apa. Cari tahu konsep konten dan hastag yang dipakai. Tapi ingat tujuannya bukan untuk plagiat tetapi tujuannya adalah mencari tahu bagaimana respon audience dan seberapa efektif strategi yang kompetitor gunakan. Jadi misalnya strategi mereka tidak terlalu berhasil, maka kamu tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama malahan kamu bisa mengeksekusi ide dengan lebih baik lagi.
  5. Kelima buat konten yang relevan dan menarik.

Hal hal yang harus dihindari

Ada 4 hal yang harus kamu hindari biar akun sosmed kamu tidak di unfollow:

  1. Terlalu banyak konten promosi yang tidak sesuai dengan kebutuhan calon konsumen.
  2. Terlalu sering posting memakai jargon yang tidak sesuai atau istilah asing. 
  3. Terlalu jarang posting.
  4. Tidak menjawab pesan komentar dari konsumen.

Itu dia strategi promosi sosial media yang tepat. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kamu ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *