Penerapan Rutinitas Baru Di Tengah Pandemi

New Normal atau rutinitas baru ialah satu perlakuan atau sikap yang dikerjakan oleh warga dan seluruh lembaga yang berada di daerah itu untuk lakukan skema harian atau skema kerja atau gaya hidup baru yang lain dengan awalnya. Jika ini tidak dikerjakan, akan berlangsung resiko penyebaran.

Arah dari new normal ialah supaya warga masih produktif dan aman dari COVID-19 di periode wabah.

Seterusnya supaya new normal lebih gampang diinternalisasikan oleh warga karena itu “new normal” dinarasikan jadi “Penyesuaian Rutinitas Baru”. Arti dari Penyesuaian Rutinitas Baru (ABK) ialah supaya kita dapat bekerja, belajar dan melakukan aktivitas dengan produktif di zaman Wabah COVID-19.

Rutinitas baru untuk hidup lebih sehat harus terus-terusan dikerjakan dalam masyarakat dan oleh tiap pribadi, hingga jadi etika sosial dan etika pribadi baru di kehidupan setiap hari.

Kita harus dapat mengadopsi / sesuaikan protokol kesehatan dimana saja kita ada, seperti pada rumah, di kantor, di sekolah, dalam tempat beribadah, dan di beberapa tempat umum, seperti terminal, pasar, dan mal. Diinginkan dengan biasanya mengaplikasikan rutinitas baru dimana saja, makin cepat dan mudah jadi etika pribadi dan etika warga supaya kita dapat bekerja, belajar, melaksanakan ibadah dan melakukan aktivitas yang lain dengan aman, sehat dan produktif.

Tentang hal penyesuaian rutinitas baru yang diartikan ialah :

  • Kerap bersihkan tangan gunakan sabun. Bila melancong terus bawa hand sanitizer.
  • Menggunakan masker
  • Menjaga jarak atau menghindar keramaian.
  • Istirahat cukup dan rajin olahraga.
  • Konsumsi makanan bergizi imbang.
  • Bila menyampaikan salam tak perlu bersalaman dan cium pipi kiri kanan (cipika cipiki), sekarang ditukar dengan “salam namaste” atau salam dengan ke-2 tangan mengatup di muka dada.
  • Pakai uang elektronik, kurangi bayar dengan uang kontan.
  • Setiba di dalam rumah langsung bersihkan diri / mandi.
  • Bila tidak ada kepentingan menekan, seharusnya lanjut usia dan balita masih tinggal di dalam rumah.

Berikut pesan kunci yang penting dikerjakan secara disiplin, agar kurangi penebaran Virus Corona.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *