Cara Mengatasi Kulit yang Dehidrasi

Salah satu masalah kulit yang kerap ditemukan banyak orang adalah ketika kulit kamu mengalami dehidrasi. Kira-kira contoh kulit yang dehidrasi itu seperti apa ya? Ketika kamu memiliki kulit yang berminyak tetapi kulit kamu terasa kencang dan bahkan terkelupas, kemungkinan besar kamu mempunyai masalah dehidrasi pada kulit. 

Jangan keliru ya, setiap jenis kulit dapat mengalami hal ini. Baik itu kering, normal, berminyak maupun kombinasi. Dehidrasi adalah sebuah masalah kulit, seperti layaknya jerawat atau komedo yang biasa dialami oleh siapa saja. Jadi kamu harus bisa mengetahui ciri-ciri dehidrasi pada kulit agar tidak salah dalam penanganannya. 

Apa sih sebenarnya dehidrasi kulit itu? Kulit ini adalah kulit yang kekurangan asupan cairan. Banyak banget hal-hal yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi dehidrasi.

Contoh penyebab kulit dehidrasi

  • Banyak konsumsi kafein seperti kopi dan teh
  • Merokok
  • Sering terpapar sinar matahari atau udara AC
  • Kurang air putih
  • Pemakaian skincare yang bahannya tidak sesuai dengan kulit.

Tapi kamu pasti bingung, kenapa jenis kulit yang berminyak bisa mengalami dehidrasi? Salah satu alasan kuat mengapa ini terjadi, kemungkinan besar kamu sangat sering mencuci muka atau bahkan menggunakan pembersih muka yang terlalu keras demi kulit bebas minyak bisa mengeringkan kulit dan menyebabkan kulit kering dan kekurangan kelembabannya. Even worse, merusak lapisan alami pelindung kulit alias acid mantle.

Tanda-Tanda Kulit Dehidrasi

Bagaimana cara megetahui kalau kulit kamu dehidrasi? Coba cek apakah pada kulit kamu terdapat:

  • Garis-garis halus
  • Urat-urat halus alias pembuluh kapiler yang terlihat jelas
  • Rasa tertarik
  • Kesan mengilap padahal permukaan kulit tidak berminyak

Cara Mengatasinya

Terus gimana ya caranya supaya kulit yang kelembabannya kurang bisa kembali sehat? Kamu dapat menghindari atau mengurangi hal-hal yang disebutkan diatas. Kamu juga harus rajin untuk merawat wajah kamu menggunakan produk yang sesuai ya. Kamu harus cermat dalam memilih produk perawatan agar dapat mengembalikan kelembapan kulit kamu. 

Selain itu kamu juga harus dengan rajin meminum air putih. Memang, hal ini mungkin sering sekali disebutkan dan kamu mungkin sudah capek mendengarkan nasehat ini. Tetapi usaha tidak akan membohongi hasil. Karena itu, memenuhi asupan cairan penting untuk menghidrasi kulit dari dalam. 

Lalu jangan lupa untuk melengkapi asupan tubuh dengan konsumsi buah-buahan kaya air dan antioksidan seperti semangka dan tomat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan perawatan baik dari luar maupun dalam tubuh, kulit lembab dan terhidrasi bisa kamu dapatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *