Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, banyak perubahan yang harus kita alami. Dimulai dari bekerja dirumah, kebiasaan berbelanja, sampai cara kita bersosialisasi dengan orang terdekat kita. Salah satu hal yang terdampak adalah perawatan kulit wajah yang kerap kita lakukan dengan cara pergi ke klinik kecantikan tidak bisa lagi kita lakukan dengan mudah. Dan kesehatan kulit wajah juga perlu kamu pikirkan.

Ditambah lagi, berada terus-menerus dirumah dan memakai masker selama lebih dari beberapa jam, menimbulkan masalah baru bagi kulit wajah yang tentu saja harus segera ditangani agar tidak terlalu susah untuk dihilangkan. Oleh karena itu, dengan mengikuti tips menjaga kesehatan kulit wajah berikut ini, diharapkan kulit wajah kamu dapat selalu sehat dan cerah. Dan kamu dapat terhindar dari masalah kulit seperti masker karena pemakaian masker terlalu lama. 

1. Minum yang cukup untuk kesehatan kulit wajah

Menjaga agar kulit kamu tidak dehidrasi adalah salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan. Hal ini karena kulit yang kering akan lebih rentan terhadap berbagai masalah kulit seperti iritasi. Salah satu cara agar dapat menjaga kelembaban kulit adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih yang cukup sehari-hari nya. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan paling murah yang dapat kamu lakukan. Jadi kamu hanya perlu menjaga konsistensi seberapa banyak kamu minum air putih secukupnya. 

2. Membersihkan kulit minimal dua kali sehari

Walaupun kamu selalu berada didalam rumah, bukan berarti kotoran dan debu tidak akan menempel di kulit kamu. Justru kamu masih harus tetap rajin dalam membersihkan kulit kamu agar tidak terjadinya penumpukan sel kulit mati yang dapat mengakibatkan jerawat. Kamu dapat membersihkannya menggunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. Dan ingat, jangan terlalu sering dalam melakukan hal ini cukup menbersihkan kulit minimal sekali dalam sehari dan tidak lebih dari dua kali dalam sehari ya. Jika hal ini terlalu sering dilakukan makan dapat menyebabkan iritasi pada kulit kamu dan tentu saja kamu tidak ingin itu terjadi kan. 

3. Gunakan pelindung matahari

Pasti kamu berpikir, di masa pandemi kenapa masih harus menggunakan pelindung matahari? Kan segala kegiatan kebanyakan berada didalam ruangan. Perlu diingat salah satu cara untuk menangkal virus dengan cara memperkuat imun tubuh kita adalah dengan berjemur dibawah matahari pagi selama 10 menit setiap harinya. 

Oleh karena itu, kamu memerlukan pelindung dari sinar matahari agar kulit kamu tidak terlalu banyak terekspos dengan sinar matahari yang dapat merusak kesehatan kulit dan dapat memunculkan pigmentasi dan kanker kulit. Gunakan tabir surya yang mempunyai SPF 30 agar dapat memberikan perlindungan yang maksimal terhadap kulit kamu. 

4. Gunakan serum berkualitas baik untuk kesehatan kulit wajah

Melakukan hal-hal diatas, belum tentu cukup untuk memberikan kesehatan kulit yang kamu butuhkan apalagi jika kulit kamu mengalami beberapa masalah seperti pigmentasi kulit, keriput dan pori-pori besar. Untuk memaksimalkan hasil dari usaha kamu, dengan menggunakan serum kamu dapat mendapatkan perlindungan ekstra untuk kulit kamu.  

5. Menjaga kesehatan kulit wajah dengan olahraga teratur

Karena kebanyakan orang sudah melakukan pekerjaan dari rumah, sudah tidak ada alasan lagi untuk menghindari hal yang satu ini ya. Olahraga mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan kulit kamu.  Dengan berolahraga yang teratur, kamu dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kamu. Tidak hanya itu saja, berolahraga dapat mengurangi hormon stress memproduksi kolagen kulit dan memperkencang otot agar kulit terlihat lebih kencang dan cerah. 

Kamu dapat melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar. 

6. Diet sehat

Pasti kamu sudah sering mendengar bahwa dengan diet yang sehat kamu dapat memberikan kulit kamu nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat. Ini adalah salah satu hal yang penting kamu lakukan. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan serat, tubuh kamu akan senantiasa sehat dan tentu saja kesehatan kulit kamu juga akan terjaga. Hindari makan makanan yang mengandung terlalu banyak gula karena kulit dapat menua sebelum waktunya. 

7. Tidur yang cukup

Hal yang terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan memberikan waktu yang cukup agar tubuh kamu memiliki istirahat yang cukup. Ketika kamu tidur di malam hari, kulit kamu akan memulai proses perbaikan diri dan diperlukan waktu tidur yang cukup. Jika kamu terlalu sering tidur di waktu yang tidak tepat, maka kulit kamu bisa saja mempunyai masalah seperti kulit mengering, berkerut dan menua.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kamu dapat menjaga kesehatan kulit kamu di saat pandemi ini ya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu dan jika kamu mau, kamu dapat membagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *