Sunscreen dan Sunblock: Perbedaan dan Fungsinya

Jika kamu adalah seorang wanita, pasti kamu tidak asing lagi dengan rekomendasi bahwa kamu sebaik nya menggunakan sunscreen ketika beraktivitas diluar rumah. Memang benar, sinar UVA dan UVB dari matahari dapat membuat kulit kamu terbakar dan jika berbicara tentang jangka panjang maka penuaan dini hingga kanker kulit dapat menjadi salah satu efek buruk tidak menggunakan sunscreen ataupun sunblock.

Oleh karena itu sebaiknya, jika kamu peduli dengan kulitmu, mulailah untuk menggunakan sunscreen/sunblock. Tetapi sebelum itu, kamu harus mengetahui apa saja fungsi dan perbedaan antara sunscreen dan sunblock

Istilah Sunscreen dan Sunblock

Untuk kedua istilah sunscreen dan sunblock sebenarnya hanyalah istilah saja. Ya betul, karena pada saat dulu, sunblock merupakan istilah yang digunakan untuk melindungi diri kamu dari sinar matahari. Tetapi karena pengunaan kata-katanya yang dianggap terlalu berlebihan, maka penggunaan sunscreen sekarang lebih awan digunakan. Dulu banyak orang mengira hanya dengan menggunakan sunblock sekali saja maka mereka akan terlindungi dari sinar matahari seharian. Faktanya, kamu perlu menggunakan sunscreen/sunblock beberapa kali dalam sehari karena efeknya pasti akan menghilang setelah beberapa jam penggunaan. 

Cara Membedakan Sunscreen dan Sunblock

Nah setelah kamu mengetahui produk ini adalah hal yang sama, kamu sebaiknya mengetahui kalau di luar sana sunscreen terdapat dua jenis yakni chemical dan physical. Perbedaan antara kedua nya adalah:

  • Chemical: Bekerja dengan menyerap sinar matahari 
  • Physical: bekerja dengan menghalangi sinar matahari

Cara Kerja dan Cara Pemakaian

  • Chemical: untuk sunscreen tipe ini, berfungsi untuk menyerap atau memfilter sinar UV dan mengubahnya menjadi energi panas. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan sunscreen tipe ini 20 menit sebelum melakukan aktivitas dibawah sinar matahari karena chemical sunscreen membutuhkan waktu sebelum dapat bekerja dengan baik. 
  • Physical: sedangkan untuk physical, cara kerja nya adalah dengan menghalau sinar UVA dan UVB untuk masuk kedalam kulit. Sunscreen tipe physical bisa langsung bekerja berbeda dengan chemical sunscreen yang harus menunggu agar sunscreen diserap oleh kulit. 

Itu dia penjelasan tentang sunscreen dan sunblock yang bisa kamu ketahui. Sebaiknya kamu rutin menggunakannya ya agar kulit kamu selalu terlindung dari sinar matahari yang dapat memberikan efek penuaan yang cukup cepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *