Apa Itu SEM? Strategi Digital Marketing untuk Website

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang memanfaatkan sebuah website untuk menjual jasa atau produk mereka. Apalagi di saat pandemi seperti ini, dengan semakin banyaknya orang yang bekerja dari rumah, maka mereka semakin lama juga menghabiskan waktu di depan komputer. Otomatis mereka juga akan semakin sering mengunjungi sebuah website untuk berbelanja. Nah bagi kamu sebagai seorang pelaku bisnis, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuat suatu website agar orang mau membeli atau menggunakan produk dan jasa kamu. Dengan munculnya kesempatan ini juga akan membuat kamu bertanya apa itu SEM?

Sebagai seseorang yang baru saja memulai suatu website, kamu jangan langsung mengira setelah membuat website maka akan dengan gampang banyak pengunjung yang datang ke website kamu ya. Diperlukan beberapa strategi yang sesuai dengan jenis bisnis dan website kamu. Salah satu strategi yang dapat kamu gunakan agar cepat mendapatkan pelanggan adalah SEM atau biasa disebut Search Engine Marketing.

Apa itu SEM?

SEM adalah strategi yang menggunakan iklan yang akan ditampilkan di mesin pencarian seperti Google. Strategi ini menggunakan kata kunci yang sudah anda targetkan. Contohnya apabila kamu mempunyai bisnis yang menjual jasa membuat artikel, maka kamu dapat menggunakan kata kunci ‘jasa membuat artikel’ agar dapat muncul ketika orang mencari di mesin pencarian dengan kata kunci tersebut. 

Berapa biaya yang dibutuhkan?

Untuk biaya, hal ini anda perlu menggunakan tools dari Google yang akan membantu anda mengetahui kira-kira biaya yang perlu anda keluarkan berapa. Beberapa kata kunci akan lebih mahal daripada kata kunci lainnya.  Disini anda juga bisa mengatur durasi pengiklanan yang anda inginkan. Atur lah budget anda sesuai dengan apa yang anda telah rencanakan. 

Apakah SEM lebih bagus dari SEO? 

SEO dan SEM adalah kedua hal yang mirip tapi berbeda. Mengapa bisa begitu? Karena SEO sendiri memanfaatkan pencarian yang pada dasarnya gratis untuk dilakukan dan oleh karena itu kamu tidak memerlukan biaya untuk melakukan hal ini. Kamu cukup membuat konten yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan audiens kamu agar dapat menarik audiens untuk datang ke website kamu. Sedangkan untuk SEM kamu akan mengeluarkan suatu biaya berdasarkan kata kunci atau keyword yang kamu sasar dan iklan akan muncul ketika audiens melakukan pencarian tentang topik sekitar keyword tersebut. 

Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. SEO biayanya akan sedikit tapi akan memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan SEM akan memakan biaya tapi waktu yang dibutuhkan akan jauh lebih pendek daripada SEO untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian. Yang dianjurkan adalah, menggunakan SEO sebagai strategi jangka panjang, dan SEM sebagai strategi jangka pendek. Dengan begitu mau dapat memaksimalkan aset yang kamu miliki untuk menunjang kebutuhan bisnis kamu. 

Itu dia informasi seputar SEM yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan informasi ini kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk kelangsungan bisnis kamu ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *