Cara Jualan Online Menggunakan Website Sendiri

Berjualan online mungkin sudah semakin mudah untuk dilakukan. Tidak heran banyak orang yang berbondong-bondong mencoba untuk jualan di sosial media. Apakah kamu salah satunya? Apabila iya, jangan khawatir, disini kami akan membahas beberapa panduan menggunakan website sendiri buat kamu yang baru saja ingin memulai agar dapat lebih mudah berkompetisi dengan pelaku bisnis lainnya. 

Kenali keunikan dari produk kamu atau biasanya disebut sebagai USP (unique selling points)

Setiap produk pastinya memiliki kelebihannya masing-masing. Tugas kamu adalah dapat mengidentifikasi kira-kira apa keunggulan produk yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu dapat menekankan ke audiens kamu bahwa produk kamu mempunyai nilai lebih dibandingkan produk lain di kategori yang sama di hal keunggulan tersebut. Biasanya USP ini hanya satu, dan akan menjadi suatu gambaran atau sesuatu yang terikat dengan brand yang kamu miliki. 

Memiliki sebuah website sendiri

Dengan memiliki sebuah website sendiri, otomatis kamu juga akan lebih leluasa dengan bagaimana kamu dapat menjual produk kamu. Ditambah lagi, jika kamu menggunakan marketplace yang sudah ada, kompetisi yang ada didalamnya akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan memiliki website sendiri. Selain itu apabila kamu berjalan di marketplace maka brand kamu akan ketutupan dengan marketplace itu sendiri dan pada akhirnya pelanggan kamu yang tadi nya berbelanja di tempat kamu akan berpindah di tempat lain yang berada di marketplace tersebut. Oleh karena itu sebaiknya kamu mempunyai website sendiri agar brand kamu dapat tumbuh dengan kuat. 

Menggunakan website sendiri untuk content marketing

Mungkin kamu tidak terlalu paham dengan konsep ini. Tujuan content marketing adalah bisnis kamu dapat menarik audiens sesuai dengan target kamu dengan menggunakan konten yang relevan, bermanfaat dan penting untuk mereka. Dengan begitu di jangka panjang kamu akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan kamu. 

Disini kamu diharapkan untuk tidak membuat sembarangan konten, tetapi kamu harus bisa menciptakan konten yang terarah agar audiens kamu tertarik dengan produk yang kamu miliki. 

Gunakan sosial media

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan sosial media untuk menunjang brand awareness kamu. Apalagi sekarang platform sosial media seperti instagram menghadirkan fitur instagram bisnis yang mempermudah kamu untuk dapat berjualan disitu. Kamu dapat dengan mudah menambah katalog di sana yang nantinya dapat dihubungkan ke website yang kamu miliki.

Itu dia beberapa panduan untuk kamu yang baru saja ingin memulai bisnis secara online. Semoga panduan ini bermanfaat untuk kamu ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *