Pemahaman Tentang Saluran Pemasaran Digital

Menjalankan strategi pemasaran melalui digital telah menjadi salah satu komponen penting untuk banyak perusahaan dan brand. Tentu saja bukan tanpa alasan, dengan meningkatkan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun, sangat disayangkan apabila kamu sebagai pemilik bisnis melewatkan kesempatan memasarkan produk atau jasa kamu lewat digital. Tentu saja kamu juga membutuhkan strategi pemasaran yang efektif di era digital ini. Namun sebelum itu kira-kira apa saja saluran pemasaran digital yang bisa kamu manfaatkan? Mari kita bahas dibawah ini. 

Pencarian Organik

Beberapa orang menggunakan mesin pencarian untuk berbagai bermacam topik dimulai dari riset, berbelanja, sampai hiburan. Google sendiri menangani lebih dari 40.000 kueri per detik (3,5 miliar kueri pencarian setiap hari).

Hasil penelusuran organik ada di bawah iklan penelusuran berbayar.

Agar konten yang kamu buat di dalam website kamu mendapatkan rangking pada halaman pertama search engine result page (SERP), pemasar mengaplikasikan taktik digital pemasaran yang dikenali sebagai search engine optimizer (SEO).

Penelusuran Berbayar

Hasil iklan penelusuran berbayar ada pada bagian atas SERP.

Untuk memasang iklan website Anda pada hasil iklan pencarian berbayar di Google, Anda perlu mendaftarkan account Google Ads dan mengaplikasikan taktik digital pemasaran yang dikenali sebagai search engine marketing (SEM).

Display Ads

Display ads merujuk pada peletakan iklan yang ada di halaman situs saat pengguna menelusurinya.

Supaya iklan Anda ada di peletakan website, Anda bisa mengawali dengan Google Ads. biasanya iklan akan muncul di beberapa tempat yang berasosiasi langsung dengan google. Contohnya Youtube dan website-website lainnya. 

Saluran Pemasaran Digital Menggunakan Email

Ada sekitar 4 miliar pemakai e-mail di tahun 2020. E-mail tetap jadi salah satunya media terpopuler yang dipakai usaha untuk berbicara dengan konsumen setia mereka sekarang ini.

Pemasar digital mengaplikasikan taktik marketing digital yang dikatakan sebagai marketing e-mail atau e-mail pemasaran dan mekanisasi marketing untuk mengirimi e-mail yang ditarget dan berkaitan ke konsumen setia e-mail yang tersegmentasi secara benar.

Media sosial

Media sosial sudah menjadi salah satu hal penting didalam hidup kita. Beberapa orang memakainya tiap hari untuk mengikut informasi terkini atau tersambung dengan rekan dan keluarga di penjuru dunia.

Banyak perusahaan menggunakan sosial media untuk tersambung langsung ke konsumen setia. Hal ini karena brand atau perusahaan dapat langsung terhubung ke pelanggan mereka dan terciptanya komunikasi dua arah. 

Dengan kontribusi bermacam alat marketing sosial media, Anda segera dapat pahami keperluan dan ketertarikan audience sasaran Anda di beberapa basis sosial media. Ini akan menolong Anda sesuaikan content dengan lebih bagus agar semakin mengikutsertakan audience sasaran Anda.

Saluran Pemasaran Digital Melalui Referral

Refferal traffic yang didapat ialah dari hasil pengguna internet mengeklik hyperlink (link balik) dan mengarahkan dari 1 website ke website lain (sasaran hyperlink atau website). Artinya pengguna tersebut mendapatkan link tersebut tidak dari penelusuran langsung ke Google.

Link referensi dibikin lewat kerja sama online vital atau sebagai dari hasil pencapaian media. Mengaplikasikan PR online adalah sistem paling efisien untuk memperoleh penyebutan merk, mendapatkan link balik, dan hasilkan kesadaran merk.

Itu dia saluran pemasaran digital yang patut kamu ketahui. Dengan memanfaatkan berbagai kanal tersebut kamu akan dapat terhubung dengan lebih banyak target audiens kamu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *