Ciri-Ciri Penuaan Dini yang Harus Kamu Ketahui!

Tentu seseorang ingin dirinya awet muda, apalagi para kaum hawa, menjadi awet muda adalah salah satu tujuan untuk bisa tampil percaya diri didepan orang. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal dibawah ini untuk mengetahui ciri-ciri penuaan dini. 

Ciri-Ciri Penuaan Dini

Pada intinya, pertanda penuaan awal sesungguhnya serupa dengan penuaan kulit secara normal, namun terjadi lebih cepat. Beberapa tanda penuaan awal, diantaranya:

  • Timbulnya kerutan atau keriput
  • Kulit yang kendur
  • Menipisnya kulit yang membuat kulit kelihatan terbuka dan gampang bengkak
  • Kulit yang jadi kering dan kasar
  • Minimnya pigmen kulit yang membuat warna kulit menghilang

Apa saja Penyebab Penuaan Dini?

Agar kamu dapat terhindar dari penuaan dini sebaiknya kamu mengetahui beberapa penyebabnya agar kamu dapat mengambil tindakan untuk mengurangi beberapa hal berikut ini.

Cahaya matahari (radiasi cahaya UV)

Pancaran cahaya UV sebagai satu kerusakan yang accumulative dan mengakibatkan penuaan awal. Cahaya UV bisa menghancurkan salah satunya jaringan kulit yang namanya elastin.

Saat jaringan elastin hancur, kulit makin lebih gampang untuk melembut dan merenggang, hingga jadi susah untuk balik ke keadaan sebelumnya sesudah di renggangkan. Ini mengakibatkan kulit jadi lebih gampang untuk kerutan, cedera dan bengkak, dan memerlukan saat yang semakin lama untuk pulih.

Kontraksi otot muka yang berulang-ulang

Kontraksi otot dari gestur-ekspresi muka yang dilaksanakan berkali-kali, seperti tersenyum, menyipitkan mata, dan mengernyitkan kening bisa membuat kerutan yang kerap diasumsikan dengan penuaan awal.

Kerutan yang ada di ujung mata dan antara alis sebagai contoh kerutan yang ada karena rutinitas untuk tampilkan satu gestur secara berkali-kali.

Posisi tidur kamu

Posisi tidur mempengaruhi pembangunan dari kerutan yang kerap membuat seseorang terlihat lebih tua. Saat Anda menyimpan muka ke bantal, penekanan pada pada bantal bisa memunculkan garis-garis pada dagu, pipi, atau kening Anda.

Kerutan ini tidak ada secara instant, tapi memerlukan waktu sekian tahun. Ketika kulit kamu mulai kehilangan elastisitasnya, garis-garis akan lebih mudah muncul. Umumnya kerutan-keriput yang ada karena posisi tidur berada di bagian samping kening, sisi dari alis sampai ke garis rambut, dan di bagian tengah pipi.

Merokok

Merokok bisa membuat kulit muka jadi kasar, menghilang, dan kerutan, dan percepat penuaan awal. Asap dan panas dari rokok, dan kontraksi otot muka saat merokok benar-benar berperan pada pembangunan kerutan.

Kecuali membuat kerutan di wajah, asap rokok bisa menghancurkan kolagen dan elastin di kulit. Saat itu, kandungan nikotin dalam rokok menyempitkan pembuluh darah dan kurangi konsumsi oksigen dan gizi yang diperlukan beberapa sel kulit.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *