Memanfaatkan Sosial Media Untuk Engagement Rate

Munculnya sosial media di kehidupan kita, telah mengubah cara brand dan perusahaan berkomunikasi dengan target audiensnya. Melibatkan target audiens yang dimiliki oleh masing-masing brand adalah salah satu cara atau upaya untuk menempelkan gambaran produk dari brand tersebut ke dalam kehidupan target audiens. Selain itu cara ini terbukti dapat meningkatkan engagement rate dari konten yang telah dibuat. 

Engagement rate telah digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah sebuah konten yang telah disajikan untuk target audience berhasil mengikat perhatian mereka atau sebaliknya. Apabila konten memiliki engagement rate yang tinggi otomatis konten tersebut dapat disebut relevan dengan apa yang disenangi oleh calon pembeli atau pengguna jasa kamu. Tidak heran banyak perusahaan atau brand ingin konten yang telah mereka buat memiliki engagement rate yang tinggi. Oleh karena itu artikel ini akan membahas beberapa tipe konten yang berpotensi untuk meningkatkan keterlibatan users atau customer dengan konten yang telah kamu buat. 

Tipe konten yang dapat meningkatkan engagement rate

Media visual

Sebuah konten yang memiliki media visual yang unik dan relevan akan lebih mudah diperhatikan oleh banyak orang ketimbang apabila isinya hanyalah kata-kata saja. Sebuah studi membuktikan, tweet dengan gambar menerima retweet 150% lebih banyak daripada tweet tanpa gambar.

Ini juga berlaku di sosial media lainnya, dimana tidak heran jika Instagram yang berpusat kepada konten-konten yang memiliki visual memiliki pengguna yang banyak.

Posting blog

Tujuan blog adalah memberikan informasi yang cukup untuk target audiens kamu sehingga mereka akan lebih yakin untuk menggunakan produk/jasa yang kamu tawarkan. Banyak perusahaan yang menggunakan cara ini untuk mengedukasi, dan sekaligus memberikan dorongan untuk audiensnya agar lebih percaya dengan brand/perusahaan. Tidak heran jika hampir semua website memiliki kategori blog karena sebuah konten memiliki visual dan text yang membuat audiens terpenuhi semua pertanyaan yang mereka miliki. 

Kontes

Jika kamu ingin memiliki sebuah konten yang ingin memiliki engagement rate yang tinggi kamu perlu melakukan hal yang satu ini. Mengadakan kontes akan meningkatkan keterlibatan dari followers kamu dan akan berpotensi meningkatkan jumlah followers kamu juga. Tentu saja ini hanya lah strategi jangka pendek dimana ketika kontes kamu berakhir kemungkinan besar followers kamu juga akan mengalami penurunan. Oleh karena itu sangat penting untuk menyediakan konten yang relevan dan banyak sebelum mengadakan sebuah kontes agar hal ini dapat di minimalisirkan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *