Penyebab Mata Panda Selain Karena Kelelahan!

Dengan rutinitas yang sibuk, apalagi apabila kamu tinggal di Jakarta, pasti kamu tidak jarang untuk kerja sampai larut malam. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan besar akan muncul lingkaran hitam dibawah kamu dimana kondisi ini juga dikenal dengan istilah mata panda. Nah, tapi tahukah kamu ternyata kelelahan hanya salah satu faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Ada beberapa faktor lain yang sebaiknya kamu ketahui agar kamu dapat lebih mencegah agar hal ini tidak terjadi. 

1. Alergi

Alergi mata menjadi penyebab lain kenapa mata kelihatan capek dan lebam. Saat partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu hewan bersinggungan dengan mata, badan kita hasilkan bahan kimia yang disebutkan histamin, yang memperlebar pembuluh darah di bawah mata, tingkatkan saluran darah dan mengakibatkan infeksi.

2. Dehidrasi

Kekurangan air pada tubuh dapat membuat kita kelihatan capek dan ke arah pada bengkak mata. Ini muncul karena kulit di seputar mata benar-benar peka dan saat dehidrasi terjadi dapat membuat mata terlihat capek. Tanda-tanda ini tetap terjadi walau telah tidur 7 sampai 8 jam, jadi sering-seringlah konsumsi banyak cairan.

3. Kebanyakan makanan asin

Konsumsi garam berlebihan dapat membuat penyimpanan air pada tubuh, terutamanya di seputar mata. Penyimpanan cairan dapat meregangkan kulit super tipis di sekitar mata dan membuat kelihatan capek. Maka turunkan konsumsi garam dan minum semakin banyak air untuk menghindar infeksi.

4. Konsumsi kafein terlalu berlebihan

Satu cangkir kopi pada pagi hari memang baik sekali, tapi bila memiliki kebiasaan minum 4 sampai 5 cangkir kopi dalam satu hari karena itu mata akan kelihatan lebam pada pagi hari. Kelebihan konsumsi kafein membuat badan dehidrasi dan membuat muka kelihatan kusam dan capek. Turunkan konsumsi kopi dan coba minum teh hijau, yang dibungkus dengan antioksidan dan menolong jaga kulit masih sehat.

5. Mata kecapean

Mata menyipit, bekerja keras menyaksikan benda yang lumayan jauh, dan terasa susah membaca dapat membuat mata gampang tegang. Ini karena pembuluh darah melebar semakin lama dan mengakibatkan lingkaran hitam dan terlihat lebam.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu hindari agar tidak mendapatkan mata panda. Jangan jadikan ini sebagai panduan penuh ya, apabila kamu tidak yakin kamu dapat berkonsultasi dengan dokter khusus untuk menangani hal ini. 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *