3 Cara Efektif Memilih Reksa Dana Terbaik

uang-elektronik
Uang Elektronik

Reksa Dana merupakan salah satu instrumen investasi yang paling banyak dipilih oleh para pemula. Bentuknya berupa dana yang terkumpul dan nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi. Investasi tersebut bisa berupa saham, obligasi, atau deposito.

Kebanyakan pemula memilih instrumen investasi ini dikarenakan risikonya yang tidak terlalu besar. Selain itu kamu juga gak perlu mengeluarkan modal gede untuk bertahan. Nah, kalau mau lebih meminimalisir kerugian, ada baiknya perhatian 3 cara berikut sebelum bermain dengan reksadana.

1. Kenali produk            

Pada saat melakukan analisis pada suatu produk reksa dana, memang membutuhkan waktu lebih lama. Perlu kesabaran untuk konsisten dalam bermain reksa dana. Gak sedikit pula yang akhirnya menyerah dan mengandalkan keberuntungan semata.

Kalau akhirnya seperti itu sama saja dengan berjudi kan? Ada baiknya kamu banyak belajar pada ahli saham untuk lebih bisa mempelajari produk incaranmu tersebut. Agar kamy bisa lebih paham mengalokasikan uang di masa depan.

2. Tentukan jangka waktu

Investasi di bidang ini gak sama seperti jualan barang. Keuntungan gak bisa terlihat di hari yang sama. Perlu waktu beberapa bulan bahkan tahunan untuk melihat keuntungannya.

Ini merupakan langkah awal dimana kamu wajib menentukan jangka waktu. Disarankan agar kamu berinvestasi di reksa dana minimal 3-4 tahun untuk mendapatkan return terbaik. Jika kurang dari tiga tahun kemungkinan penurunan fluktuasi harga cukup tinggi.

3. Pahami umur produk

Setiap produk reksadana memiliki usia yang berbeda. Perbedaan pada umur tersebut berpengaruh terhadap return. Semakin lama suatu produk reksadana, keuntungan yang akan kamu dapat juga tinggi. Begitupula sebaliknya.

Meski hasilnya tidak setinggi yang kamu harapkan setidaknya bisa menjamin dapat keuntungan karena kinerja sudah teruji. Daripada kamu pilih produk yang belum teruji baik hanya bisa bermain spekulasi saja.

Reksadana yang berusia lama biasanya juga mematok harga tinggi. Wajar kok, kan sudah terkenal dengan reputasinya yang baik. Keuntungan yang didapat juga sesuai. Sebaiknya sih ukur kemampuan dengan peluang yang ada aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *