3 Cara Mudah dalam Mendapatkan Modal Usaha

uang-elektronik
Uang Elektronik

Modal usaha kadang sering sekali dijadikan faktor penghambat seseorang untuk berani membuka bisnis sendiri. Banyak yang berpikiran bahwa modal besar adalah kunci keberhasilan.

Terlepas dari modal kecil ataupun modal besar, banyak juga yang bingung gimana cara mendapatkan modal usaha. Apalagi cuman usaha sampingan yang dijalankan kalau ada waktu luang saja. Untuk bisa menjawab keraguanmu itu, simak dulu, beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha.

1. Dari tabungan

Sesuai namanya, usaha sampingan hanyalah sebuah proyek waktu luang saja untuk menambah pundi-pundi pendapatan. Biasanya dijalankan oleh ibu rumah tangga, atau pekerja kantoran yang sudah memiliki pendapatan tetap setiap bulannya.

Nah bagi mereka, modal untuk membuka usaha bisa dimulai dari mengerahkan duit tabungan.

Caranya, sisihkan berapa persen gajimu untuk pos usaha. Lalu kalau sudah terkumpul banyak, tinggal mulai deh usahanya. Tapi kelemahannya untuk metode ini, kamu harus menunggu lama hingga uangnya mencukupi untuk modal. Sementara keuntungannya, kamu gak memiliki tanggungan ke pihak lain karena bukan modal pinjaman.

2. Menjual atau menggadaikan harta pribadi

Membuka usaha sampingan bukanlah hal yang menyenangkan. Apalagi jika masih awal. Kalian harus susah payah dan bekerja keras untuk mengembangkannya. Gak heran kalau terkadang kamu harus mengorbankan segalanya, mulai dari waktu sampai harta.

Dalam mencari modal misalnya, kalau kamu gak ada tabungan, tapi berkeinginan keras untuk menjalankan bisnis apapun pasti bakal dilakukan. Cara alternatif tercepatnya untuk mendapatkan modal yang cukup adalah dengan menjual barang-barang berharga atau menggadaikannya. Barang berharga bisa berupa perhiasan, alat elektronik, kendaraan atau lain-lainnya.

Karena cara ini diraih dengang mengorbankan aset berharga, maka kamu harus pergunakan uangnya seefisien mungkin untuk modal usaha.

3. Ajak rekan bisnis

Kalau kamu sedang kekurangan modal usaha, cobalah ajak temanmu untuk bergabung. Jadikan dia rekan bisnis yang sama-sama saling menguntungkan. Carilah teman yang memiliki minat dan selera yang sama agar dapat menjalankan usaha secara bersama-sama dan selaras.

Tawarkan dia keuntungan yang menjanjikan, misalnya sebagai investor dengan sistem mendapatkan keuntungan beberapa persen. Atau bisa juga dengan meminta dia untuk ikut terjun langsung menjalankan usaha dengan sistem bagi hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *