3 Langkah Mudah Mempersiapkan Pensiun Dini

uang-online
Uang Online

Tak sedikit orang yang memilih untuk pensiun dini dengan berbagai alasan, mulai dari jarak rumah dan kantor yang jauh hingga merasa sudah cukup kerja berpuluh-puluh tahun dan waktunya menikmati hari tua.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pensiun dini sebaiknya kamu mempersiapkan beberapa hal agar tetap hidup nyaman di kemudian hari.

Apa saja itu? Berikut lima di antaranya:

1. Menentukan target

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika berniat untuk pensiun dini adalah dengan menentukan target. Misalnya, di usia 45 tahun atau 50 tahun harus sudah tak bekerja.

Dengan menentukan target, kamu bisa mulai memperkirakan berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya untuk mencapai pensiunan yang bahagia.

Misalnya, saat ini usia kamu 25 tahun dan ingin pensiun di usia 50 tahun. Maka masih ada waktu 25 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun dengan gaji sekarang sebesar 10 juta rupiah.

Jika menerapkan sistem 50/20/30, maka dalam satu bulan kamu harus menyisihkan uang Rp 2 juta untuk di tabung. Jadi, semakin besar penghasilan yang kamu peroleh, maka semakin banyak juga jumlah uang yang harus ditabung.

2. Mempersiapkan dana keperluan anak

Saat sudah menikah dan memiliki anak, maka kamu tentu harus menyiapkan bujet ekstra untuk memenuhi segala keperluan anak, terutama pendidikan. Apalagi biaya pendidikan semakin mahal, karena itu kamu harus memiliki tabungan terpisah khusus untuk anak.

Selain itu, kamu juga bisa membeli asuransi pendidikan agar pendidikan anak tetap terjamin hingga perguruan tinggi. Ingat, pendidikan itu sangat penting lho untuk masa depan sang buah hati.

3. Menghitung utang

Utang memang tak bisa dipisahkan oleh manusia. Bahkan para selebriti hingga konglomerat aja pasti memiliki utang. Misalnya aja utang cicilan rumah, kendaraan, kartu kredit dan lainnya.

Karena itu, kamu harus menghitung semua utang yang kamu miliki. Misalnya kamu cicil rumah selama 15 tahun sebesar 5 juta rupiah. Sementara penghasilanmu di angka Rp 15 juta. Maka, kamu hanya memiliki sisa uang Rp 10 juta yang belum dibagi ke pos-pos pengeluaran lainnya.

Tapi seberapa besar pengeluaranmu setiap bulan, kamu tetap harus mematok angka untuk ditabung setiap bulan dan harus konsisten agar tujuanmu pensiun dini tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *