3 Produk Perbankan Ini Paling Banyak Digunakan Orang!

uang-online
Uang Online

Bank tidak hanya menawarkan fasilitas menyimpan pundi-pundi kekayaanmu dengan aman, tapi juga memberikan beberapa produk perbankan dengan segudang manfaat.

Secara harfiah, bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan kemudian disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit serta lainnya guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

Dari sekian banyak produk perbankan yang ada, inilah beberapa produk yang paling banyak digunakan orang. Apa saja? Berikut, tiga di antaranya:

1. Tabungan

Tabungan menjadi produk perbankan yang terbanyak digunakan oleh masyarakat untuk menyimpan uang mereka dengan aman.

Tabungan juga tak hanya terdiri dari satu produk saja, tapi juga sudah banyak jenisnya. Mulai dari tabungan rencana, tabungan haji, tabungan berjangka, dan lainnya.

2. Kredit

Selain tabungan, produk kredit juga menjadi salah satu produk perbankan yang paling laris digunakan oleh masyarakat. 

Pasalnya, produk yang satu ini sangat membantu masyarakat yang ingin membeli sesuatu atau membutuhkan uang dalam jumlah besar dan dapat dibayar dalam jangka waktu tertentu.

Ketentuan tentang produk kredit bank bahkan sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998.

Setiap kredit yang ditawarkan oleh bank memiliki beberapa karakteristik yang perlu banget kamu ketahui, yaitu:

  • Jangka waktu
  • Suku bunga
  • Cara pembayaran
  • Jaminan
  • Biaya administrasi

Semua karakteristik tersebut memang dibuat guna memaksimalkan manfaat yang bisa kamu nikmati dari produk perbankan satu ini.

3. Deposito

Deposito tetap menjadi primadona yang banyak dipilih orang sebagai investasi. Terutama, bagi para ibu rumah tangga yang masih takut berinvestasi saham maupun reksa dana.

Deposito merupakan salah satu produk simpanan perbankan yang memiliki jangka waktu penyimpanan. Selain itu, bunga yang ditawarkan deposito relatif lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Namun, ada penaliti jika kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo.

Berikut, rumus perhitungan bunga deposito:

  • Keuntungan bunga = suku bunga x nominal uang deposito x hari / 365
  • Pajak deposito = biaya pajak x bunga deposito
  • Pendapatan bersih = jumlah investasi + (bunga deposito – pajak)

Umumnya, orang memilih deposito untuk mengamankan uangnya karena takut terpakai. Lagipula, kalau disimpan di tabungan biasa, selain berisiko bisa terpakai juga akan terpotong biaya administrasi bulanan. Dengan deposito, uang kamu juga akan semakin bertambah meski bunganya tak terlalu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *