3 Tips Cara Cepat Bebas Hutang dan Merdeka Finansial

uang-digital
Uang Digital

Hutang adalah masalah kewajiban finansial yang membebani keuangan dan perlu diselesaikan. Banyak orang terjebak hutang karena berbagai alasan. Bagaimana cara cepat bebas hutang dan bisa meraih kebebasan finansial ? Saya gali 3 tips bebas hutang berdasarkan saran perencana keuangan dan pengalaman pribadi saya sendiri. 

#1 Akui Punya Hutang

Paling penting menurut saya adalah mengakui bahwa punya hutang dan hutang tersebut menggerogoti keuangan karena pola konsumsi yang lebih besar pasak dari tiang. Lebih besar pengeluaran dari pemasukan.

Jika tidak mengakui bahwa punya hutang, akibat gaya hidup yang lebih besar pasak dari tiang, Anda tidak punya urgency untuk mencari solusi.

Akibat tidak ada urgency, hutang pelan tapi pasti bengkak. Yang mana lebih sulit menyelesaikan masalah hutang yang sudah besar dibandingkan saat jumlah hutang masih kecil.

#2 Terbuka soal Hutang

Paling lazim penyebab hutang adalah karena masalah dalam keluarga. Tuntutan kebutuhan keluarga membuat gaya konsumsi lebih besar pasak dari tiang, yang berujung pada tindakan mengambil hutang kredit.

Karena itu, jika muncul masalah hutang, sebaiknya dibicarakan dalam keluarga sedini mungkin. Karena keluarga bisa diajak diskusi dan mencari solusi.

Masalahnya, seringkali kepala keluarga enggan mengungkapkan jika ada masalah keuangan yang menyebabkan terpaksa berhutang.

Punya hutang memang hal yang tabu dibicarakan buat banyak orang. Orang tua tidak ingin mengecewakan keinginan anak meskipun ujungnya harus pinjam uang.

#3 Kenali Jenis Hutang

Anda perlu tahu bahwa jenis hutang bermacam – macam dan karena jenisnya berbeda maka implikasinya juga berbeda – beda.

Hutang pada dasarnya digunakan untuk mendapatkan sesuatu.

Jika hal yang dibeli oleh hutang adalah asset maka hutang bukan hal yang buruk. Karena nilai aset yang dibeli dengan hutang tersebut meningkat seiring waktu sehingga biaya hutang lebih kecil.dibandingkan manfaat yang diberikan aset.

Contohnya adalah kredit KPR. Anda beli rumah atau apartemen dengan mencicil lewat KPR dimana nilai rumah Anda cicil tersebut akan meningkat.

Umumnya, kenaikan harga properti setiap tahun lebih tinggi dari suku bunga. Artinya kenaikan nilai aset Anda bisa menutupi biaya pinjaman hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *