4 Cara Nagih Utang ke Teman atau Saudara tanpa Rasa Bersalah

uang-elektronik
Uang Elektronik

Mau nagih utang ke teman atau saudara tapi gak enak? Jangan biarkan piutang yang kamu miliki jadi kerugian di kemudian hari.

Gimana juga utang tetaplah utang, terlepas dari yang ngutang siapa. Dan gak sedikit juga teman kita yang pura-pura amnesia atau lupa ingatan ketika utang itu ditagih

Buat kamu yang berada di posisi seperti ini, jangan patah arang ya dalam urusan nagih utang. Jika kamu gak enakan, gunakan saja lima kalimat ini ketika ingin nagih utang.

1. Bilang saja butuh uang bayar tagihan kartu kredit atau cicilan lain

Gak enak nagih utang dari teman dan saudara? Tagih saja di pertengahan bulan dengan bilang kalau tagihan kartu kreditmu sudah keluar dan kamu harus membayarnya.

Ketika mereka mendengar kalimat ini, mereka tentu tahu bahwasannya mereka telah berutang kepada orang yang juga punya utang. Nah, masa tetap gak mau balikin duit sih.

2. Harus transfer uang bulanan ke keluarga serumah

Kalau sudah urusan keluarga, sebut saja seperti ngirim uang ke orangtua atau sanak saudara lain, logikanya mereka yang berutang akan segera melunasinya. Jika tidak, jelas orang itu gak tahu diri.

Gunakan saja alasan ini ketika nagih hutang ke dia. Dan jangan lupa, tanyakan juga kapan mau ditransfer.

3. Butuh uang untuk makan sehari-hari

Kebutuhan sehari-hari emang gak sedikit, apalagi generasi milenial Jakarta juga punya gaya hidup yang cukup mahal. Gak heran kan kalau kadang di tanggal tua udah pada makan mie instan semua.

Nah, gunakan saja alasan ini. Bilang ke dia bahwa bulan ini adalah bulan terberat lantaran pengeluaranmu cukup besar. Dan kamu pun kekurangan uang buat makan, masa sih tetap mau nunda bayar utang.

4. Butuh uang untuk anggota keluarga yang lagi sakit

Bukan maksudnya mau nyumpahin keluarga kita sakit, tapi nagih utang juga wajib. So, berbohong demi kebaikan tampaknya harus dilakukan. Apalagi jika jumlah utang teman dan saudaramu cukup besar.

Namun sebelumnya, bicarakanlah dulu dengan orang rumah bahwa kamu terpaksa menggunakan cara ini mengingat kamu memiliki piutang. Dan kamu gak punya formula lain untuk menagih utang ke dia.

Masih gak berhasil juga? Lakukan hal yang tertera di poin ke lima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *