4 Ciri Penyedia Pinjaman Uang Terpercaya

uang-elektronik
Uang Elektronik

Kini, semakin banyak hal yang bisa dilakukan lewat online. Dari mulai belanja, order jasa transportasi, booking hotel, hingga pesan tiket pesawat, semua bisa dilakukan asal ada akses internet. Gak cuma itu, kamu juga bisa menikmati mudahnya mengakses fasilitas keuangan. Salah satu keuntungan yang cukup populer belakangan adalah pinjaman uang online.

Ada beberapa ciri yang menentukan apakah pinjaman uang online itu terpercaya atau gak. Seperti apa ciri-cirinya? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

1. Layanan pinjaman uang yang terdaftar dan terawasi OJK

Ini paling penting dan harus kamu cek lebih dulu. Salah satu ciri penyedia terpercaya itu bisa dicek statusnya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan namanya terdaftar dan terawasi oleh OJK.

Karena fintech menjalankan kegiatan di sektor jasa keuangan, pastinya OJK bertanggung jawab buat melakukan pengawasan. OJK bakal memberi informasi sejelas-jelasnya kepada masyarakat mengenai perusahaan-perusahaan yang udah terdaftar di OJK.

2. Dapat review atau testimoni positif

Gak cuma meng-install, pengguna aplikasi juga bisa memberi review atau testimoni sebagai kesan mereka selama menggunakan layanan pinjaman. Layanan pinjaman terpercaya tentu aja bakal memberi testimoni yang bagus-bagus.

Beda dengan penyedia pinjaman yang meragukan atau gak bisa dipercaya. Pengguna tentu bakal menghujani penyedia aplikasi tersebut dengan testimoni-testimoni yang buruk.

3. Mematok bunga yang terbilang wajar

Sebenarnya masih belum jelas berapa bunga wajar yang harus dikenakan fintech saat memberi pinjaman uang online. OJK sendiri mengaku gak bisa ikut campur terlampau jauh dalam urusan pengaturan bunga.

Terus, gimana tahunya bunga pinjaman yang dipatok wajar atau gak? Mudah kok. Kamu tinggal bandingkan aja bunga-bunga pinjaman yang ditawarkan. Kalau ada satu penyedia pinjaman mematok bunga yang kelewat tinggi dibanding yang lain, lebih baik jangan meminjam dana di situ.

4. Telepon cuma buat verifikasi

Bukan cuma saat nagih utang diteleponi terus, ditawari pinjaman pun juga gencar banget lho ternyata. Namanya udah jelas-jelas pinjaman uang online. Terus buat apa juga ditelepon dan bertanya-tanya?

Boleh-boleh aja sih menelepon kalau itu sebatas verifikasi. Cuma yang gak wajar itu kalau berkali-kali menelepon cuma buat menawarkan pinjaman. Nah, kalau yang gencar seperti ini patut diwaspadai. Sekalinya terperangkap, kamu bisa jadi sapi perahan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *