4 Tips Mendirikan Social Enterprise yang Ampuh untuk Milenial

uang-digital
Uang Digital

Setelah sebelumnya membahas definisi dan perbedaannya dengan bisnis konvensional, kurang lengkap kayaknya kalau gak membahas tentang tips mendirikan social enterprise nih guys.

Jadi, selain bisa menghidupi diri sendiri, kamu bakal dapat bonus pahala yang melimpah karena membantu kehidupan masyarakat banyak.

Kalau tekad kamu udah bulat pengin mencoba, ada baiknya memerhatikan 4 tips mendirikan social enterprise :

1. Mengetahui masalah sosial yang terjadi di lingkungan

Dalam mendirikan sebuah social enterprise, salah satu syarat yang harus terpenuhi adalah adanya masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Dari sekian banyak permasalahan yang terjadi, kamu harus mencari satu yang pengin dijadikan penggerak bisnis.

Salah satu contohnya, masalah pemberdayaan wanita di Indonesia yang msaih sangat minim. Buat mengatasi hal tersebut, kamu bisa memberdayakan perempuan untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai seperti membuat tas yang terbuat dari anyaman.

Gak cuma masalah pemberdayaan perempuan, kamu juga bisa berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

2. Melakukan riset market

Meski model bisnisnya berbeda dengan usaha konvensional, social enterprise juga perlu melakukan riset pasar sebelum menjalankannya.

Ini berguna untuk mencegah terjadinya kerugian besar kedepannya akibat perencanaan yang kurang matang. Yang namanya bisnis keuntungan masih tetap menjadi prioritas utama buat menutupi biaya operasional dan kegiatan sosial.

3. Belajar membantu orang lain

Salah satu tujuan kamu mendirikan social enterprise adalah menolong lingkungan sekitar, maka kamu harus membiasakan diri membantu orang lain.

Banyak orang yang kadang memberikan bantuan hanya dengan mentransfer uang ke lembaga atau instansi tertentu. Alasannya, mereka gak tahu gimana caranya membantu secara langsung.

Dalam perusahaan sosial, kamu harus bisa terjun langsung ke lapangan guna lebih mendekatkan diri bersama orang yang dibantu. Dengan begitu, dampak yang diberikan bakal jauh lebih terasa buat diri sendiri maupun orang lain.

4. Mendengar saran dan kritikan

Saat kamu menjalankan sebuah perusahaan sosial,  mendengar saran dan kritikan dari berbagai pihak adalah hal yang wajib untuk diperhatikan.

Tujuannya untuk  menyempurnakan kualitas usaha yang pastinya memiliki kekurangan pada beberapa sektor. Jika kamu rutin mengevaluasinya, dapat dipastikan bisnis kamu bakal lebih beerkembang lagi ke depannya.

Banyak kasus di mana seorang pemilik usaha  gak mau mendengar keluhan dari para pelanggannya dan harus berakhir tragis gulung tikar. Jangan sampai hal kayak gitu terjadi sama kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *