Gajian di Tanggal Muda? Lakuin 5 Hal Ini Yuk Biar Mapan!

uang-online
Uang Online

Wuih sudah gajian nih. Mumpung masih tanggal muda di awal, dan duit masih banyak di rekening, enaknya dipakai buat apa ya? Belanja atau makan-makan di resto mewah?

Awas, godaan di tanggal muda itu luar biasa bahaya lho. Karena tanpa disadari, hal tersebut bisa menggagalkan impian kita di masa depan. Impian itu apa aja bentuknya, sebut saja seperti ingin nabung beli rumah, nabung buat biaya pendidikan anak, atau membeli aset lainnya.

Buat kamu yang gak ingin tekor di tanggal muda karena tergoda oleh promo tersebut, maka lakukan saja hal ini demi masa depan yang lebih cerah. 

1. Nabung saham perbankan

Kinerja saham di Bulan Agustus 2019 terlihat agak menurun. Isu perang dagang dan beberapa sentimen negatif dari dalam negeri tampaknya membuat saham-saham perbankan mengalami penurunan.

Daripada memburu diskon di mall, kenapa gak memburu diskon di pasar modal saja? Harga saham bank BUMN itu lagi pada didiskon lho. Konon, kabar mengenai pergantian direksi bank-bank plat merah itulah salah satu faktor yang bikin investor panik.

2. Nikmati promo gajian untuk investasi P2P lending

Investasi ini tentunya bisa jadi alternatif investasi yang bisa kamu pilih untuk menggantikan investasi deposito. 

Investasi digital ini bisa memberikan keuntungan hingga 20 persen per tahun lho. Jumlah ini jauh lebih besar bila dibandingkan dengan deposito yang return-nya hanya 5 persenan. Belum lagi, investasi P2P lending bisa dimulai dari bujet Rp 100 ribuan dan uangnya bisa dicairkan kapanpun.

Akan tetapi, memilih situs P2P lending gak boleh sembarangan lho. Carilah yang sudah diawasi dan melewati regulatory sandbox Otoritas Jasa Keamanan. 

3. Tanggal muda, langsung bujeting

Daripada duit kepake buat hal-hal yang kurang atau gak nggenah, maka lebih baik lakukan bujeting saat ini juga agar pengeluaranmu terkontrol.

Melakukan bujeting di awal waktu juga bisa membantumu dalam mengontrol pengeluaran yang berkaitan dengan gaya hidup lho.

Lima cara itu antara lain adalah sistem amplop, 50/20/30, 60/20/20, 50/30/20, dan sistem zero bujeting. Kalau belum paham maksudnya, silahkan googling artikel soal ini ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *