Lakukan 4 Tips Jitu Saat Presentasi Bisnis Biar Investor Kepincut!

uang-digital
Uang Digital

Bagi pengusaha, mendapatkan dana digital dari investor dapat terwujud dengan melakukan presentasi bisnis terlebih dahulu. Kamu harus menjelaskan dengan rinci tentang bisnismu kepada calon investor. 

Agar hal-hal tersebut bisa tercapai, kamu harus pandai-pandai menarik hati investor. Membuat mereka yakin lewat presentasi bisnis yang kamu sampaikan. Bagaimana caranya? Berikut, ulasannya 

1. 10 menit presentasi bisnis

Waktu merupakan hal yang harus kamu perhatikan dalam presentasi bisnis. Berbicara berlama-lama, bahkan hingga berjam-jam justru sangat membosankan bagi investor.

Semakin singkat semakin baik, mungkin sekitar 10 menit saja. Tapi, ingat, kamu tetap harus detail dan jelas dalam menyampaikan data-data mengenai bisnismu. 

Ketertarikan investor bisa kamu lihat dari sikapnya setelah selesai presentasi. Misalnya mereka masih nanya-nanya secara lebih mendetail berarti tertarik, tapi kalau gak ada pertanyaan lagi dari mereka, bisa jadi bisnismu gak masuk radar mereka. 

2. Jangan terlalu kaku, cerita seperti biasa saja 

Beberapa investor mungkin bosan mendengar penjelasan penuh slide yang kamu sajikan. Tapi, kamu bisa membuatnya lebih menarik dengan bercerita. 

Presentasi bisnis gak selamanya harus kaku. Dengan bercerita, investor akan lebih tertarik untuk mendengarkan dengan antusias. 

Jadi, ceritakan kisah bisnismu secara menarik, bisa dengan menyertakan jatuh bangun kamu membangunnya, klien-klienmu yang unik, tanpa melupakan menyertakan data-data sesungguhnya. 

3. Penjelasan yang fokus

Presentasi dengan cara bercerita bukan berarti kamu bisa seenaknya ngomong sana-sini. Kamu tetap harus fokus terhadap apa yang ingin kamu sampaikan. 

Karena kalau bertele-tele, takutnya akan menyita waktu lebih lama. Sementara waktu para investor gak cuma buat mendengarkan kamu ngoceh doang

Poin berikutnya bakal menjelaskan topik apa saja yang harus kamu sampaikan ke investor

4.  Utarakan profil perusahaan yang jelas

Penjelasan yang fokus adalah mampu menceritakan keseluruhan bisnis tanpa memakan waktu lama. Yang harus diutarakan pertama adalah profil perusahaan. Jelaskan bergerak di bidang apa bisnismu, dan seperti apa model bisnisnya, 

Kemudian, produk atau jasa apa yang kamu jual. Jangan lupa untuk memberikan sesuatu penjelasan singkat mengenai keunikan dari produkmu, apa yang membuatnya beda dari produk-produk lainnya. 

Target pasarnya kemudian siapa. Sertakan dengan peta-peta demografi di mana letak customer loyal dan berapa usianya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *