Menu Makanan Rendah Kolesterol yang Bisa Anda buat di Rumah

Image result for eating healthy on a budgetMenjaga pola makan agar lebih sehat bukan berarti Anda tidak bisa makan masakan yang lezat. Banyak menu sehat, khususnya makanan rendah kolesterol yang memiliki cita rasa yang enak jika Anda cermat dalam mengolahnya. Untuk mengontrol jumlah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh, Anda bisa membuat makanan rendah kolesterol ini di rumah. Kira-kira apa saja dan bagaimana cara mengolahnya, ya? Segera simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Perbanyak Porsi Sayuran

Anda pasti sudah tahu bahwa sayuran adalah makanan yang penting dan wajib Anda konsumsi setiap hari. Selain karena nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya, sayuran juga memiliki serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mudah di masak, sayuran juga merupakan makanan rendah kolesterol, jadi Anda bebas mengonsumsinya sebanyak apa pun yang Anda inginkan. Sebagai salah satu variasi menunya, Anda juga dapat mengganti protein hewani dengan beberapa protein nabati dari sayuran dan kacang-kacangan seperti tahu, tempe, tofu, kacang almond panggang, dan sejenisnya.

Pakai Sedikit Lemak atau Tidak Perlu Sama Sekali

Ketika akan mencoba makanan baru, maka Anda membutuhkan panduan resep, kan? Bila di resep menyebutkan bahwa Anda harus menggunakan 50 gram mentega atau minyak sayur, maka gunakanlah setengah porsi dari yang dianjurkan. Untuk membuatnya lebih bercita rasa, Anda bisa menambahkan lebih banyak bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, dan aneka rempah kering khas Indonesia. Dijamin, makanan rendah kolesterol yang Anda buat akan tetap enak dan gurih meski tanpa tambahan minyak jenuh.

Makan Daging? Pilih yang Tanpa Lemak

Makanan rendah kolesterol bukan berarti menu Anda terbebas dari bahan “daging”. Anda bisa memilih daging tanpa lemak seperti tenderloin jika ingin memasak makanan dengan bahan daging. Selain cepat empuk, bagian ini memiliki rasa yang enak ketika di santap. Bukan hanya daging sapi, Anda juga mengonsumsi daging ikan, seafood, ayam tanpa kulit dan lemak, hingga daging kambing non lemak. Namun, pastikan porsinya tidak lebih dari 180 gram dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *