Sulit Berhemat? Begini Tips Menabung Cerdik

uang-digital
Uang Digital

Gaya hidup selalu menjadi biang kerok yang bikin dompetmu kebobolan. Karena itu, pentingnya untuk kamu mengetahui tips menabung yang tepat ,terutama di era yang semakin canggih seperti sekarang.

Karena itu, pentingnya kamu memiliki strategi ampuh agar keuanganmu tetap aman dan kebutuhan setiap bulan tetap berjalan lancar.

Lalu gimana caranya? Berikut, beberapa tips menabung cerdik di era yang sudah serba digital 

1. Tetapkan anggaran

Tips menabung pertama yang harus kamu terapkan adalah, menetapkan anggaran setiap bulan untuk di tabung atau belanja.

Kamu bisa mengikuti teori 50/20/30 yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren, yaitu pakar keuangan sekaligus profesor di Harvard. Di mana kamu harus membagi penghasilanmu menjadi tiga pos, yakni:

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok, seperti membayar cicilan kredit atau sewa rumah, hingga tagihan lainnya seperti listrik dan air.
  • 20 persen untuk tujuan finansial yaitu untuk investasi, asuransi serta menabung.
  • 30 persen untuk gaya hidup yaitu untuk belanja, nongkrong di kafe, jalan-jalan dan lainnya.

2. Memiliki rekening khusus menabung

Trik selanjutnya adalah, memiliki lebih dari satu tabungan. Kenapa? Hal itu untuk mengubah pikiranmu kalau kamu masih banyak uang.

Maksudnya, kalau kamu menyimpan uang tabungan di rekening yang sama, itu tanpa tidak langsung akan memicumu terus berbelanja karena melihat banyak uang di rekening digital tabunganmu.

Karena itu, sebaiknya kamu memiliki rekening khusus menabung. Misalnya tabungan di bank A untuk hidup sehari-hari, seperti ongkos dan lainnya. Sedangkan tabungan lainnya di bank B memang khusus untuk tabungan.

3. Naik gaji, jumlah tabungan juga naik

Agar target tujuanmu tercapai. Intinya adalah, konsisten. Salah satunya, menambah jumlah tabunganmu setiap bulan saat gaji juga mengalami kenaikan.

Meski nominalnya sedikit, tapi seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.” Jadi, walaupun penambahannya hanya ratusan ribu atau puluhan ribu rupiah, jika dikumulatifkan jumlahnya akan lumayan banget kan?

Pasalnya, gak sedikit orang justru membeli sesuatu atau mentraktir teman-teman saat naik gaji. Gak ada salahnya sih, terkadang kamu juga perlu mengapresiasi diri dengan membeli sesuatu atau menyantap makanan favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *