Tips Menghemat Gaji dalam Sebulan, Yuk Buktikan!

uang-online
Uang Online

Gaji yang terbatas butuh diatur agar pas sebulan. Itu dilakukan agar kita tidak perlu hidup pas-pasan saat tengah bulan. 

Charles Caleb Colton mengingatkan, pendapatan alias gaji ibarat sepatu. Kalau terlalu kecil, penghasilan bisa menjepitmu. Sebaliknya, penghasilan yang besar mungkin membuat kamu tersandung dalam perjalanan. 

Nah, agar gaji yang diperoleh bisa pas selama sebulan, berikut lima cara menghemat gaji yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Susun Skala Prioritas dan Anggaran Bulanan

Hal pertama yang dapat dilakukan menghemat gaji di awal bulan ialah, membuat catatan skala prioritas. Dengan menentukan prioritas, kamu lebih mudah mengatur penggunaan uang. Pastinya, alokasi penghasilan menjadi jelas dan terarah. Jadi, jangan sampai uang mengendalikanmu. 

Seperti kata Alistair Darling, uang diciptakan sebagai pelayan, bukan tuan atau ekonomi yang sebenarnya.

Setelah selesai, giliranmu untuk menerapkannya. Berarti, hal-hal di dalam prioritas itulah yang seharusnya diutamakan. 

Buat Jadwal Belanja 

Menghemat gaji bukan berarti kamu tidak bisa belanja atau shopping di mal, ya. Supaya kegiatan itu tetap dapat berjalan, buatlah jadwal shopping yang rutin. 

Kalau bujetmu masih sisa, bisa melakukan shopping sampai empat kali dalam sebulan. Sebaliknya, jika gaji terbatas, upayakan tidak lebih dari dua kali belanja.

Berkomitmen Tidak Menghabiskan Gaji Lebih dari 70%

Komitmen berawal dari kebiasaan. Uang akan membentuk tabiat, pola hidup, serta karakter kamu. Kalau kata Francis Bacon, uang sebenarnya hamba yang baik. Namun, tuan lah yang memiliki kebiasaan buruk.

Untuk simulasi dalam komitmenmu, coba sisakan 30 persen gaji untuk menabung. Tidak peduli berapa besar gaji kamu, nominal 30 persen itu harus masuk ke dalam tabungan. 

Misalnya, kamu mendapatkan penghasilan Rp 3 juta sebulan. Berarti, jumlah tabunganmu Rp 3 juta dikalikan 30 persen. Hasilnya sebesar Rp 900 ribu per bulan. Dengan demikian, kamu dapat menghemat gaji.

Tolak Kartu Kredit

Tawaran berhutang sering kali menggoda, apalagi dengan iming-iming unlimited. Tapi, sadarkah kamu? Kartu untuk kredit bisa menjerumuskan dalam kerugian finansial. T. Harv Eker pernah mengatakan; sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit untuk menghemat gaji.

Kartu kredit umpama pisau bermata dua. Suatu waktu mungkin bisa menyelamatkan; tapi di lain kesempatan malah menjebakmu dalam tagihan utang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *